Jumat, 30 Juni 2017

 

Mengenal hadware,software dan apa itu sistem operasi


Sebelum kita membahas tentang pengertian driver komputer, alangkah baiknya kamu tau dulu pengertian dasar seperti apa itu hardware,apa itu software dan apa itu sistem operasi. Karena untuk mengerti pengertian driver kamu perlu tau dulu pengertian dasar tersebut.

Apa itu Hardware komputer (Perangkat keras)

pengertian hardware komputerter adalah perangkat keras dari komputer itu sendiri yang bisa kita sentuh seperti monitor,RAM,MainBoard,Keyboard,Mouse,Printer,Camera,Speaker,microphone,Kipas pendingin dll.
Penjelasan mudah nya  begini: Pada dasarnya komputer dibuat meniru menusia, dan dibuat memang untuk memudahkan perkerjaan manusia. perangkat keras manusia adalah bagian tubuh itu sendiri seperti otak,kaki ,tangan, mulut dll. sedangkan bagian perangkat keras dari komputer adalah bagian dari komputer itu sendiri seperti dijelaskan diatas. manusia mempunyai bagian input (Penerima informasi seperti panca indra kita) dan bagian output (berupa suara sebagai media komunikasi dan tangan bisa dipakai untuk menulis dll ). Begitu juga komputer , komputer mempunyai perangkat input untuk menerima informasi (mouse,keyboard,sensor,camera,microphone,fingerprint scanner dll) dan perangkat output untuk mencetak informasi seperti: speaker ,printer,layar monitor dll.

Apa itu Software komputer (Perangkat lunak)

Hasil gambar untuk software adalah
pengertiant software komputer adalah data atau program(serangkaian instruksi komputer) yang berada di perangkat keras komputer seperti firmware,photo,video,aplikasi office,browser internet dll.
Penjelasan mudah nya : Pada manusia software disetarakan dengan ingatan dan kemampuan atau keterampilan . ingatan manusia bisa berupa gambaran,suara dan rasa atau lebih komplek dari itu. sedangkan keterampilan atau skill bisa diperoleh dari belajar sendiri atau belejar dengan orang lain.
sofware pada komputer bisa berupa data (text,video,audio) data ini biasanya diperoleh dari perangkat input. karena komputer tidak bisa belajar sendiri maka untuk  memberikan skill/keterampilan pada komputer, seorang programmer komputer harus membuat serangkaian instruksi yang harus dijalanakan oleh komputer agar dapat bekerja seperti yang diharapkan. misalnya  agar komputer bisa membaca file office dan membuat dokumen maka komputer perlu diinstall program aplikasi microsoft office atau sejenisnya. jadi untuk memberikan kemampuan ke komuter kita tidak mengajarinya tetapi kita menginstall aplikasi yang kita perlukan utuk melakukan tugas tertentu.

Sistem Operasi Komputer

pengertian sistem operasi komputer adalah software paling penting yang harus berjalan di sebuah komputer sebagai dasar /pondasi agar komptuer dapat digunakan atau berfungsi. sistem operasi yang terkenal diantaranya Microsoft Windows, Linux,Android,MacOS,IOS
Hasil gambar untuk software adalah
Penjelasan mudah nya: Pada manusia sistem operasi seperti kesadaran atau nyawa, walau tubuh hidup (bernafas,jantung berdetak) tapi tanpa kesadaran manusia tidak akan bisa melakukan apa-apa. begitu juga komputer tanpa sistem operasi komputer tidak bisa melakukan pekerjaan apa-apa, sistem operasi menjadi bagian paling dasar agar sebuah komputer bisa diinstall program /aplikasi  .

Pengertian Driver komputer

Hasil gambar untuk driver adalah
driver komputer adalah sebuah perangkat lunak yang bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi ,aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat yang lain.
penjelasan mudah nya: karena setiap alat digunakan dengan cara yang berbeda,driver di dungia nyata  seperti buku manual yang berisi panduan bagaimana suatu alat digunakan dan harus dipelajari oleh otak manusia agar bisa menggunakan alat tersebut. sekali lagi manusia bisa belajar sendiri,sedangkan komputer tidak jadi agar sistem operasi bisa mengontrol alat yang baru dipasang ke komputer(seperti printer,scanner,VGA,mouse,keyboard) harus diinstall driver driver terlebih dahulu. untuk perangkat umum seperti mouse dan keyboard telah disertakan driver di dalam sistem operasi sehingga kita tidak perlu menginstall secara manual. dan untuk perangkat khusus seperti VGA printer dll, biasanya kita harus menginstal manual driver tersebut yang bisa kita download di website resmi vendor.

Fungsi Driver komputer

Hasil gambar untuk fungsi driverDalam dunia komputer driver bertugas sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras itu sendiri dengan sistem operasi, perlu diketahui setiap perangkat keras di komputer berbicara /bekerja dengan cara dan bahasanya sendiri (tindak menggunakan command yang distandarkan).sedangkan semua perangkat yang terpasang ke komputer harus bisa berkomunikasi dengan sistem operasi agar perangkat bisa digunakan. untuk itulah driver diperlukan sebagai media penerjemah antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain. misalnya kita ngetik menggunakan keyboard sebagai input dan menggunakan software ms.word  kemudian  untuk mencetak tulisan yang ada di ms.word kita menggunakan printer. agar ketukan keyboard muncul di aplikasi ms.word sebuah driver keyboard harus diinstall agar ms.word bisa mengerti apa yang diketikan keyboard. dan untuk bisa mencetak ke printer sebuah driver printer diperlukan agar printer mengerti apa yang diperintahkan oleh ms.word agar printer mencetak data sesuai tampilan di layar ms.word.
Fungsi utama driver komputer adalaha menyediakan transparansi dan bertindak sebagai penerjemah perintah antara hardware  dengan sistem operasi atau aplikasi. Pembuat aplikasi dapat mengontrol hardware dengan mudah  cukup dengan mengimplementasikan API(Application programming interface) yang disediakan driver dengan  bahasa program yang lebih tinggi .
sebagai contoh : ketika program komputer dengan bahasa tinggi (High Level Language proggramming) untuk mengontrol sebuah serial port maka cukup dengan menggunakan fungsi “Send data” untuk mengirim informasi dan “Receive Data” untuk menerima informasi.ini sangat berbeda dengan bahasa/command yang sesungguhnya digunakan oleh serial port tersebut

Contoh Driver Komputer

Ketika kamu memasang  webcam,printer ,VGA ,mouse,keyboard,flashdisk ,soudhcard dll komputer memerlukan driver agar perangkat keras tersebut dapat digunakan. khusus untuk perangkat general seperti mouse,keyboard dan flashdisk sistem operasi sidah menyediakan drivernya secara default jadi kita tidak perlu installs ecara manual.  dan u ntuk perangkat khusus seperti fingerprint scanner,webcam,printer kita harus menginstall driver secara manual. driver biasanya disertakan dalam paket pembelian perangkat keras tersebut. biasanya berupa kepingan CD/DVD jika tidak ada bisa didownload di website resmi pembuat perangkat keras tersebut.

Cara menginstall Driver

Untuk menginstall driver caranya sama dengan menginstall aplikasi lain. khusus jika driver ada dalam kepingan CD/DVD caranya cukup mudah tinggal ikuti saja petunjuk yang ada ketika aplikasi berjalan otomatis ketika CD/DVD dimasukan ke komputer. setiap tampilan untuk menu install driver berbeda-beda karena disesuaikan dengan fungsi dari perangkat tersebut. jadi ketika nginstall driver wajib hukum nya mmbaca panduan sebelum ngeklik next /install
Share:

0 komentar:

Posting Komentar