Acer Aspire One 722: Layar lebih Lebar, Performa Lebih Mantap



Kebutuhan akan komputasi di perjalanan menjadi kian penting akhir-akhir ini. Browsing di café, mengunduh file penting di perjalanan, atau memantau aktivitas social network di mana pun Anda berada, menjadi hal yang kian sering dilakukan, bukan? Semua aktivitas ini membutuhkan sarana komputasi yang andal. Sebuah laptop yang cukup mungil dan ringan namun memiliki layar yang tidak terlampau kecil adalah pilihan yang baik. Tentu saja, performa yang baik dan daya tahan baterai yang tinggi akan melengkapi kebutuhan spesifik ini. Apabila harganya bisa terjangkau, tentu ini bisa menjadi komputer yang sempurna untuk kebutuhan seseorang yang bermobilitas tinggi.
Acer memenuhi kebutuhan ini dengan menghadirkan Aspire One 722. Layar 11,6”, prosesor baru, memori yang memadai, bobot ekstra ringan, dan daya tahan baterai baik adalah senjata utamanya. Mari kita tinjau lebih jauh, bagaimana kemampuan laptop mungil ini.
Apa itu AMD C-50?Prosesor AMD yang digunakan pada Aspire One 722 adalah salah satu prosesor Fusion pertama dari AMD, C-50. Prosesor Fusion ini ada hasil penggabungan dari prosesor dan VGA. Ya, AMD C-50 adalah gabungan dari sebuah prosesor AMD dual-core dengan sebuah VGA AMD (Radeon HD 6250). AMD menyebut hasil gabungan CPU dan VGA ini sebagai APU (Accelerated Processor Unit).
AMD C-50 adalah APU yang dirancang untuk netbook dan bahkan tablet. APU ini memiliki 2 core yang berkecepatan 1 GHz. Jangan salah sangka. Meski hanya 1 GHz, C-50 ini memiliki sistem kerja seperti prosesor modern. C-50 menggunakan metode eksekusi out-of-order, dimana perintah dapat dikerjakan berdasarkan prioritas dan urutan yang paling tepat untuk memastikan proses berjalan secepat mungkin. Nah, bagaimana dengan Atom? Atom menggunakan metode in-order, dimana semua perintah akan dikerjakan secara berurutan, tergantung perintah mana yang lebih dahulu diberikan. Jika Anda mencari kemampuan multi-tasking, C-50 seharusnya menjadi jawaban untuk kebutuhan Anda.

Aspire One 
722: Peningkatan di sana-siniAspire One 722 hadir dengan kemampuan multimedia yang mantap. Laptop ini dapat dengan mudah menjalankan video Full HD 1080p. Sisi VGA dari prosesor AMD C-50 yang digunakannya, adalah bagian yang mendukung kemampuan spesial Aspire One 722 ini.
Acer Aspire One 722 ini dilengkapi dengan port HDMI, dan layarnya pun cukup lega yaitu 11,6”. Untuk ukuran layar yang nyaris mencapai 12”, resolusinya pun cukup tinggi, 1366×768 pixel. Resolusi yang sama, kerap kita temui pada layar notebook 14”.
Ukuran layar yang lebih besar membuat ukuran bodi Aspire One 722 juga sedikit lebih besar, sehingga membuatnya bisa menggunakan keyboard yang lebih besar. Hasilnya, mengetik dengan Aspire One 722 terasa lebih nyaman.
Dengan sistem grafis yang jauh lebih baik, maka Windows7 juga bekerja dengan sangat baik pada laptop ini. Karena, Windows7 bisa memanfaatkan VGA yang baik untuk meringankan tampilan. Selain itu, RAM 2 GB yang menjadi standarnya, membuat laptop ini mampu menawarkan performa yang lebih baik.

Performa (SYSmark 2007)
Sebagai wakil dari segala pengujian kinerja yang dianggap valid oleh beragam institusi IT dan para produsen, kami menggunakan SYSmark 2007 sebagai acuan. Program ini adalah perpaduan dari berbagai software yang umum digunakan seperti Microsoft Office dan beragam program produk Adobe.
Berdasarkan hasil pengujian ini, RAM 2 GB pada Aspire One 722 berhasil mendongkrak performa laptop ini. Namun, apabila Anda memerlukan laptop yang menunjang produktivitas dengan bujet lebih tinggi, maka Anda dapat mempertimbangkan notebook Acer Aspire 4253 (AMD E-350). [tolong beri link to product review notebook ini]

Kemampuan VGA (3DMark 06)
Program tes ini bisa ditemukan online (www.futuremark.com). 3DMark 2006 adalah acuan umum yang universal untuk pengujian VGA. Versi ini adalah yang umum digunakan untuk VGA entry-level.
VGA yang ada di dalam Aspire One 722 performa grafisnya ternyata sangat baik. APU AMD C-50 pada Aspire One 722 ini jelas memiliki tenaga untuk menjalankan beragam aplikasi multimedia yang berhubungan dengan video. Akan tetapi, dengan nilai yang diperolehnya, game yang bisa dimainkan memang terbatas pada game flash dan game 3D lawas yang ringan. AMD Radeon HD 6250 pada laptop ini memang tidak dirancang untuk memainkan game 3D yang berat.

Memutar Video Full HD (1080p)
Memutar video High Definition (HD) adalah hal yang susah dilakukan apabila laptop Anda tidak memiliki performa grafis yang baik. Bagaimana dengan Acer Aspire One 722?
Acer Aspire One 722 tidak mengalami masalah sama sekali dalam menjalankan video Full HD dalam format apapun. Selama player Anda bisa memanfaatkan VGA yang tersedia (DXVA), Anda bisa memutar film apapun yang tersedia di pasaran saat ini tanpa masalah yang berarti.

Pengujian daya tahan baterai dengan Mobilemark 2007
Benchmark Suite ini merupakan perpaduan yang serupa dengan SYSmark 2007. Hanya saja, software ini sudah diatur sedemikian rupa untuk melakukan simulasi pekerjaan sehari-hari secara terus-menerus hingga baterai terkuras habis.
Dari hasil pengujian, Acer Aspire One 722 mampu bertahan hidup hingga 375 menit atau sekitar 6 jam 15 menit. Ini berarti daya tahan baterainya sangat baik untuk laptop dengan harga kisaran sangat terjangkau ini. Efektifnya sistem penghematan daya, tampak membuat AO722 mampu menyuguhkan ketahanan baterai yang sangat baik.

Mungil, Nyaman, dan Irit
Acer Aspire One 722 ini dijual dengan harga amat terjangkau, Rp 2.799.000 (versi Linux) dan Rp 3.149.000 (versi Windows7 Starter). Performanya terbukti sangat baik untuk kelas harganya. Layar 11,6” dan keyboard yang cukup besar membuatnya nyaman digunakan. Sementara itu, daya tahan baterainya yang sangat baik membuatnya bisa diandalkan di perjalanan. Jika Anda menginginkan laptop dengan layar berkisar 12”, keyboard lega, kecepatan baik, namun tetap nyaman dibawa kemana-mana, Aspire One 722 adalah jagoannya.
Pelajar dan Mahasiswa akan sangat menghargai harganya yang terjangkau. Anda bisa mencatat di kelas tanpa takut kehabisan baterai.
Sebagai PC kedua, Acer Aspire One 722 adalah pilihan yang menarik. Meski tidak semungil netbook 10”, laptop ini masih sangat mudah dibawa-bawa. Laptop ini tidak akan menghabiskan ruang di dalam tas bawaan sehari-hari, dan meja café Anda tidak akan terasa penuh sesak karenanya.
Sebagai PC utama, Aspire One 722 memang bukanlah PC yang berkinerja ekstra kencang. Akan tetapi, dengan RAM 2 GB dan APU AMD yang memiliki VGA kencang, Aspire One 722 sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan pengguna pada umumnya.

Penulis : arief iqbal al mustaqin ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Acer Aspire One 722: Layar lebih Lebar, Performa Lebih Mantap ini dipublish oleh arief iqbal al mustaqin pada hari Rabu, 19 September 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Acer Aspire One 722: Layar lebih Lebar, Performa Lebih Mantap
 

0 komentar:

Poskan Komentar