Rabu, 10 Januari 2018

 

Cara membuat 2 layar dalam dengan Apple TV dan Mac 2018



Cara Menyiapkan Dua Monitor Komputer


Sebagian besar komputer dapat terhubung dengan beberapa layar. Ini berarti Anda dapat menggunakan monitor kedua sebagai ruang desktop tambahan, atau beralih antara monitor dan TV ketika Anda ingin menonton film atau bermain permainan. Windows dan OS X versi terbaru memudahkan proses penyiapan monitor kedua. Dengan Apple TV dan Mac Anda bahkan tidak perlu untuk menghubungkan layar.


1
Windows





  1. 1
    Tentukan apa koneksi yang Anda gunakan saat ini. Lihatlah bagian belakang komputer tempat monitor terpasang saat ini. Jika steker monitor tersambung secara vertikal ke arah atas komputer dan dikelilingi oleh berbagai porta koneksi lainnya seperti USB, Ethernet, pengeras suara, dan lain-lain, steker itu terhubung ke papan induk. Jika steker terhubung secara horizontal di bawah masukan papan induk, steker itu terhubung ke kartu grafis.
    • Monitor kedua harus melekat pada kartu grafis yang sama. Jika monitor Anda saat ini terhubung ke papan induk, Anda harus mencabut dan menghubungkannya ke kartu grafis. Jika Anda tidak memiliki kartu grafis, Anda harus memasangnya sebelum menyiapkan monitor ganda.
  2. 2
    Lihatlah porta yang tersedia. Lihatlah porta yang tersedia pada kartu grafis. Ini akan menentukan cara-cara untuk menghubungkan monitor, dan akan memberi tahu Anda apakah Anda membutuhkan adaptor.
    • HDMI - ini adalah standar konektivitas layar baru dan dapat ditemukan di hampir semua komputer yang dibuat dalam lima tahun terakhir. Bentuknya seperti porta USB memanjang. HDMI dapat mentransfer gambar serta suara, dan menghasilkan kualitas gambar terbaik.
    • DVI-I/DVI-D - DVI (Digital Video Interface) telah lama menjadi cara standar untuk menghubungkan monitor panel datar ke komputer. DVI-I memiliki konektor "+" di sisi kanan, sementara DVI-D memiliki konektor "-". Keduanya dapat digunakan untuk menghubungkan monitor DVI ke komputer, tetapi hanya DVI-I yang dapat menerima adaptor VGA ke DVI. Jika kartu memiliki dua porta DVI, umumnya hanya salah satu dari mereka yang berjenis DVI-I.[1]
    • VGA - VGA merupakan keluaran analog, dan merupakan jenis yang paling umum ditemukan di layar komputer era CRT. Jenis ini sebagian besar telah dihilangkan dari perangkat keras, namun Anda mungkin masih memiliki komputer lawas atau monitor CRT.
    • DisplayPort - Ini adalah koneksi digital yang mirip seperti HDMI. DisplayPort diperlukan untuk tampilan 4K, dan tidak selazim HDMI.
  3. 3
    Nyalakan komputer. Monitor Anda akan mudah untuk dikonfigurasikan jika komputer dimatikan terlebih dahulu. Hal ini tidak diperlukan untuk koneksi HDMI atau DisplayPort.
  4. 4
    Sambungkan monitor kedua. Pasanglah monitor kedua pada kartu grafis. Pastikan bahwa monitor utama terhubung ke keluaran video terbaik. Sebagai contoh, jika Anda memiliki monitor HDMI dan monitor VGA, hubungkan monitor utama Anda melalui HDMI.
    • Jika Anda menggunakan VGA atau DVI, pastikan untuk mengamankan kabel dengan sekrup bawaan.
  5. 5
    Siapkan monitor di Windows. Nyalakan komputer dan masuklah ke Windows. Windows dapat otomatis mendeteksi hampir semua monitor. Klik kanan desktop dan pilih Screen resolution. Jika Anda menggunakan Windows XP, klik kanan desktop, pilih Properties, dan kemudian klik tab Settings.
    • Gunakan menu tarik-turun "Multiple displays" untuk menetapkan apakah Anda ingin memperpanjang desktop, menduplikasi tampilan, atau menyimpan desktop pada layar tunggal.
    • Memperluas desktop memungkinkan Anda untuk memindahkan ikon jendela dan benda-benda lainnya antarlayar.
  6. 6
    Beralihlah antarlayar dengan cepat. Anda dapat dengan cepat beralih antarlayar yang tersedia dengan membuka menu Project. Ini hanya tersedia pada Windows 7 dan 8.
    • Menekan  Win+P akan membuka menu dan memilih "Primary Only", "Duplicate", "Extend", dan "Secondary Only" dengan cepat.

2
Mac OS X

  1. 1
    Periksa porta yang tersedia. Untuk menyambungkan monitor lain, Mac atau MacBook harus memiliki porta untuk itu. Anda dapat membeli adaptor untuk menghubungkan layar yang lebih modern ke komputer yang lebih lawas, dan sebaliknya.
    • HDMI - ini adalah standar konektivitas layar baru dan dapat ditemukan di hampir semua komputer yang dibuat dalam lima tahun terakhir. Bentuknya seperti porta USB memanjang. HDMI dapat mentransfer gambar serta suara, dan menghasilkan kualitas gambar terbaik.
    • DVI-I/DVI-D - DVI (Digital Video Interface) telah lama menjadi cara standar untuk menghubungkan monitor panel datar ke komputer. Mini-DVI adalah koneksi Apple tertentu yang berfungsi seperti DVI namun dalam bentuk yang lebih kecil.
    • VGA - VGA merupakan keluaran analog, dan merupakan jenis yang paling umum ditemukan di layar komputer era CRT. Jenis ini sebagian besar telah dihilangkan dari perangkat keras, namun Anda mungkin masih memiliki komputer lawas atau monitor CRT.
    • DisplayPort/Thunderbolt - Mac telah menggunakan teknologi DisplayPort lebih lama daripada kebanyakan PC, dan konektor Thunderbolt baru merupakan evolusi dari itu. Monitor DisplayPort dapat dicolokkan ke keluaran DisplayPort atau Thunderbolt, sedangkan monitor Thunderbolt hanya dapat bekerja pada keluaran Thunderbolt.[2]
    • Adaptor - Ada beberapa adaptor yang tersedia untuk menghubungkan monitor ke berbagai jenis porta pada Mac. Beberapa jenis adaptor yang ada antara lain: Thunderbolt ke HDMI, VGA ke DVI, Mini DVI ke DVI, dan DVI ke HDMI.
  2. 2
    Hubungkan monitor. Matikan Mac terlebih dahulu jika Anda menghubungkan Monitor VGA atau DVI. Namun jika tidak, Anda bisa langsung memasangnya. Jika Anda menggunakan VGA atau DVI, pastikan untuk mengamankan kabel dengan sekrup bawaan.
  3. 3
    Konfigurasikan monitor baru. Klik menu Apple dan pilih System Preferences. Pilih "Displays". Klik tab "Arrangement". Sesuaikan penempatan layar sehingga kursor tetikus Anda berpindah secara alami pada kedua monitor.
    • Secara baku, OS X akan memperpanjang desktop ke layar kedua. Anda dapat mencentang kotak "Mirror Displays" untuk menduplikasi tampilan.
  4. 4
    Pilih resolusi layar. OS X akan menentukan resolusi yang bekerja pada kedua monitor. Anda dapat mengatur sendiri resolusinya, namun gambar akan terlihat diregangkan atau kabur jika Anda tidak memilih resolusi yang disarankan.


  1. 1
    Konfigurasikan AirPlay di Apple TV. Hal ini untuk menggunakan HDTV sebagai layar kedua tanpa harus terhubung terlebih dahulu ke komputer Anda. Penggunaan Apple TV sebagai layar kedua membutuhkan Mountain Lion atau lebih baru, dan komputer harus terhubung ke jaringan yang sama dengan Apple TV.
    • Jika Anda memiliki Mountain Lion, Anda hanya dapat mencerminkan layar. Jika Anda memiliki Mavericks, Anda dapat menggunakan layar kedua sebagai perpanjangan desktop.
    • Carilah panduan di Wikihow untuk pengaturan TV Apple.
  2. 2
    Klik menu AirPlay. Ketika Anda terhubung ke jaringan yang sama dengan Apple TV yang dikonfigurasikan dengan benar, menu AirPlay akan muncul di bilah menu Mac. Klik dan pilih Apple TV dari daftar perangkat.
  3. 3
    Atur ulang layar Anda. Klik menu Apple dan pilih System Preferences. Pilih "Displays". Klik tab Arrangement. Sesuaikan penempatan layar sehingga kursor tetikus berpindah secara alami antarmonitor.
    • Jika Anda menggunakan Mavericks, Anda dapat mencentang kotak "Mirror Displays" untuk menduplikasikan tampilan.
  4. 4
    Gunakan Spaces untuk mengorganisir jendela pada setiap layar. Spaces akan menjaga pengaturan jendela saat Anda melakukan multitugas. Setiap jendela yang terbuka ditugaskan ke dalam spasi. Hal ini akan menjaga jendela tetap terorganisir untuk tugas-tugas tertentu.
    • Windows tidak akan merentangkan sendiri secara baku. Anda harus menonaktifkannya di bagian Mission Control pada jendela System Preferences. Hapus centang pada kotak "Displays have separate spaces".
    • Anda dapat menetapkan aplikasi pada Spaces tertentu dengan mengeklik kanan ikon di Dock. Pilih Options, lalu pilih layar yang akan ditugaskan.

Tips

  • Kebanyakan PC murah tidak memiliki kartu grafis yang mampu mendukung monitor ganda, melainkan jenis terintegrasi. Anda kemungkinan besar memerlukan kartu grafis khusus untuk fitur ini.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar