PROFIL SMKN 7 PEKANBARU

SMKN 7 PEKANBARU

Smkn 7 berada di jl.yosudarso sekolah ini baru berdidi selama dua tahun dan diresmikan pada tanggal 19 februari 2010.smk 7 memiliki empat jurusan yaitu :
A.TKJ(teknik komputer dan jaringan)
B.MM(multimedia)
C.RPL(rekayasa perangkat lunak)
D.ANIMASI
sekolah ku baru mempunyai satu gedung sekolah tapi tenang aja gedung baru sedang dalam proses pembuatan supaya kami bisa masuk pagi semua.sekolah ku memiliki lapangan yang luas untuk upacara yang berada di depan gedung sekolah ku.dan lapangan olahraga di belakang gedung.sekolah ku memiliki satu mushola yang berada di samping kana sekolah ku dan dua kantin yang berada di belakang mushola.dan tempat parkir kendaraan kami berada di depan mushola.sekolah ku memiliki empat labor.lab A , B dan C berada di bagian bawah yang bersebalahan dengan ruang tu , waka , kepsek dan kesiswaan.dan ruang majelis guru serta kelas kelas berada di atas.

disini saya akan menjelaskan tentang 4 jurusan yang ada di SMKN 7 Pekanbaru :) yaitu:

1)REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAKIstilah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagaiterjemahan dari istilah Software Engineering. Istilah Software Engineering mulaidipopulerkan tahun 1968 pada Software Engineering Conference yangdiselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebataspada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yangmendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untukmemproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur.Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkanprosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memprosesinformasi (O’Brien, 1999). Pengertian RPL sendiri adalah sebagai berikut:Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksiperangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhanpengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna,disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelahdigunakan.Jelaslah bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatanprogram komputer. Pernyataan “semua aspek produksi” pada pengertian diatas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksiseperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal,kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.

TUJUAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK .

bidang rekayasa akan selaluberusaha menghasilkan output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan waktupenyelesaian yang tepat. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPLadalah :

a. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.

b. Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepatwaktu.

c. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenisplatform.

d. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.



2) TEKNIK JARINGAN DAN KOMPUTER
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Sebelum mengtahui lebih jauh tentang TKJ lebih baik kita cari tahu tentang apa itu komputer.Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai input, process,dan output.Pada jurusan ini kita akan bekerja di PT yang merakit komputer.Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :

1. Sharing resources

Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

2. Media Komunikasi

Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.

3. Integrasi Data

Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat diilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

4. Pengembangan dan Pemeliharaan

Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.

5. Keamanan Data

Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini

Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.


3)MULTIMEDIA
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini dapat digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih menarik.
“Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar. Kedua, harus ada link yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dengan ide. Jika salah satu komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan multimedia. Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).”

4)ANIMASI
PENGERTIAN ANIMASI
Animasi adalah menghidupkan gambar, sehingga anda perlu mengetahui dengan pastisetiap detail karakter anda, mulai dari tampak (depan, belakang, ¾ dan samping) detailmuka si karakter dalam berbagai ekspresi (normal, diam, marah, senyum, ketawa, kesal,dll.) lalu pose/ gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan tertentu yang menjadiciri khas si karakter tersebut. Bahkan seorang ‘Sinchan’ dengan karakter yang sederhanatetapi mempunyai kekuatan personality-nya sehingga membuat penonton tahu betul sifat-sifatnya. Jadi perlu diperhatikan bahwa karakter anda bukan sekedar gambar tetapimempunyai kelakuan tertentu yang seolah-olah punya jiwa. Karena animasi adalahmembuat gambar anda kelihatan hidup, sehingga kita bisa mempengaruhi emosi penonton menjadi turut merasa sedih, ikutan menangis, jatuh cinta, kesal, gembira bahkan tertawa terbahak-bahak.Bila karakter anda sudah siap, tentu saja setelah lebih dari 100 kali anda mencoba, baruselanjutnya memastikan kelengkapan data pribadinya, sekaligus memberikan ‘warna’seperti pada contoh Ana dengan menggunakan satuan RGB (red, green & blue), gunanyaadalah agar anda dan teman anda yang bergabung dalam team anda tahu betul warnaRGB yang dipakai untuk kulitnya, bajunya, garisnya, dst.nya. Kalau perlu dibuat warnakarakter pada saat malam dan siang hari, di luar ruangan (exterior) dan di dalam ruangan(interior).a. Animasi 2D (2 Dimensi)Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan filmkartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu.Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yangdi TV maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry,Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meskiyang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasikartun. Contoh lainnya adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudahlumayan tua, dia diciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang, karenadistribusi yang kurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Bandingkan dengan Walt Disney yang sampai sekarang masih ada misalnya Snow White and TheSeven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).

                                                             YANG LEBIH LENGAP DWONLOAD NYA
                                                                                  SINI
 

Trik SEO : Cara Memasang Meta Tag di Blog

Follow Us to Update News : 

Search engine merupakansalahsatusarana yang efektifdalammemberikan traffic bagi blog/web yang kitamiliki. Jika SERP (search engine result pages) kitabaik, makaotomatispengunjungakanrutinmengunjungi blog kita, sehingga traffic blog akanmeningkat, dansemakinmeningkatkan ranking alexa blog anda. Untukdapatterindeks di search engine, sudahtentuandaharusmendaftarkandulublo/web anda (klik disini). Salah satuhalkunonamunmasihtetapdapatdiperhitungkanefektifitasnyadalamrangkameningkatkanpengunjung blog ialahdengan memasangmeta tag di blog anda.


Meta tag inisemacamkode-kodeaneh bin ajaib yang dapatmendukunghasil yang baikdalampencariangoogleatau search engine lainnya. Meta tag iniadabermacam-macamdarideskripsi blog, keyword yang berhubunganmaupunpembuat/author dari blog itusendiri. Nah inilah yang dapatandalakukanuntukmemasangmeta tag di blog anda, yang dapatmeningkatkan traffic blog andadari search engine.

1.) Login ke blogger
2.)Tata Letak -> Edit HTML
3.) Nah disitucarikode :<title><data:blog.pagetitle/></title>
4.) Tepatdibawahkodetersebut, sisipkanberbagai meta tag di bawahini :

 - Memasang Meta tag Judul Blog
nah denganmenancapkan meta tag inimaka search engine akanbisamemprediksiisidarikonten yang adapada blog anda. Olehkarenaituberikanjudul yang benardansesuaidengan blog anda, sehinggahasilpencariangoogledapatlebihmaksimal.
<meta content='
Judul Blog Di Sini' name='title'/>

- Memasang Meta tag Bahasa 
iniuntukmemberitahu search engine tentangbahasa yang andapakaidalammenulisbloanda
<meta content='
id' name='geo.country'/>
NB : 'id' untukindonesia, englishkalogasalah 'en'.

- Memasang Meta tag Description
Deskripsi blog anda, danakanditampilkanpada search engine yang menujukehalamanutama blog anda.
<meta content='
Deskripsi Blog Disini' name='description'/>

- Memasang Meta tag Keyword
Kata kunci blog anda, dan kata kunci yang dapatmembawapengunjungmenuju blog andadenganmencari kata kuncitersebut di search engine. Olehkarenaitu, andaharusmemperhitungkanapa yang akanmerekatulis di search engine dalammencariinformasi yang andasediakan. Misal : Jika blog andaberisikan tips trik winning eleven, makaandadapatmembuat kata kuncicarabermain winning eleven, trik winning eleven, tips we 11, menipulawan di we, dansebagainya.
<meta content='
Masukkan Keyword Disini' name='keywords'/>

- Yang Inisayaga tau persisbuatapaan, takutsalah, jadipasangajadeh, hehe (terserahjugasi)

<meta content='
-5;120' name='geo.position'/>
<meta content='
1 Day' name='Revisit-after'/>
<meta content='
Global' name='Distribution'/>
<meta content='
Public' name='doc-type'/>

Andasudahbaca? 
                                                   YANG LEBIH LENGKAP
                                                             DWONLOAD NYA
                                                                      SINI
 

SISTEM OPERASI

ARTIKEL SISTEM OPERASI

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari computer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada system operasi, orang hanya mengunakan computer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai system operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami system operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai system operasi itu sendiri. Pengertian system operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada system computer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya system komputer.
Sistem computer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi computer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, system operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satulagifungsi penting system operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan computer yang tidak perlu.
Menurut Tanenbaum, system operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:
Generasi Pertama (1945-1955)Generasi pertama merupakan awal perkembangan system komputasi elektronik sebagai pengganti system komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada system operasi, maka system computer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Generasi Kedua (1955-1965)Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini system computer belum dilengkapi system operasi, tetapi beberapa fungsi system operasi telah ada, contohnya fungsi system operasi ialah FMS dan IBSYS.
Generasi Ketiga (1965-1980)Pada generasi ini perkembangan system operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka system operasi menjadi multi-user (digunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
Generasi Keempat (Pasca1980an)Dewasa ini, system operasi dipergunakan untuk jaringan computer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yangsaling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar muka computer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat disatu titik, tetapi dipecah dibanyak computer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
Macam-macam Sistem Operasi1.LINUX
Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.
Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, di Universitas Helsinki, Finlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap software, yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix.
Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum.Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991.Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalanka n bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih Lingkungan sistem operasi ini termasuk
Ratusan program termasuk, kompiler, interpreter, editor dan utilitas
Perangkat bantu yang mendukung konektifitas, Ethernet, SLIP dan PPP, dan interoperabilitas.
Produk perangkat lunak yang reliabel, termasuk versi pengembangan terakhir.
Kelompok pengembang yang tersebar di seluruh dunia yang telah bekerja dan menjadikan
Linux portabel ke suatu platform baru, begitu juga mendukung komunitas pengguna yang beragam kebutuhan dan lokasinya dan juga bertindak sebagai team pengembang sendiri
Linux dilesenkan dibawah hakcipta GNU General Public License (GPL) salah satu jenis perlesenan dalam Sumber Terbuka. Lesen ini telah ditulis oleh oleh Free Software Foundation (FSF), http://www.opensource.org/ bertujuan untuk menghalang mana-mana individu atau syarikat daripada menghadkan penyebaran kod-kod aplikasi.
Secara ringkasnya, walaupun anda boleh mengenakan bayaran kepada salinan kod-kod yang anda serahkan kepada orang lain, namun anda tidak berhak untuk menghalang orang yang telah anda telah jualkan atau serahkan kod-kod itu daripada menjual atau menyerahkan kod-kod itu kepada orang lain walaupun secara percuma atau dengan harga lain yang telah mereka telah tetapkan. http://www.opensource.org/licenses/index.html
Ini juga bermaksud kod-kod asal perisian di bawah lesen ini boleh didapati secara bebas tanpa halangan. Ini satu berita yang baik untuk pembangun aplikasi, mereka boleh mengubah mana-mana aplikasi di bawah GPL dan masih boleh menyebarkan kod-kod yang mereka ubah dan baiki dengan syarat kod-kod itu juga perlu dilesen di bawah lesen yang sama.
Perbedaan Mendasar Linux
Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah, harga.Linux ini GRATIS.Berarti dapat diperbanyak, dan didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang.Tetapi banyak isue lainya dengan bersifat free, selain dari pertimbangan harga.Source code Linux tersedia bagi setiap orang.Perkembangan Linux menunjukkan pentingnya peranan kebebasan ini.Hal ini telah menghasilkan suatu tingkat keterlibatan yang menakjupkan dari ribuan atau bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia.Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk divace tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal, atau menandatangani non descructive agreement.Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi mahasiswa ilmu komputer di seluruh dunia untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial.
Karena Linux itu tersedia secara bebas di Internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distribusi, yang dapat dianggap sebagai berbagai versi kemasan Linux.paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, perangkat lunak untuk instalasi, dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus, dan dukungan khusus.
Arsitektur
Prosesor seperti Digital Alpha dan StrongARM, Intel 386/486/Pentium/PentiumPro/Pentium II/Pentium III, AMD, Cyrix/IBM, Motorola 68x000, PowerPC (termasuk Power Mac) dan Sun SPARC semuanya didukung oleh Linux. Windows NT hanya mendukung Intel (dan clone) dan Digital Alpha.Sedangkan Windows 95/98 hanya jalan di atas Intel dan kawan-kawan (AMD, Cyrix).
Dukungan Hardware Linux mendukung berbagai jenis perangkat keras PC, termasuk disk IDE, EIDE, SCSI, MFM, RLL, dan ESDI, tape dan CD-ROM drive SCSI dan EIDE, sound cards, berbagai jenis mouse, video cards, motherboard chipsets, scanners, printers, dan sebagainya . Hardware yang didukung oleh Linux mungkin tidak sebanyak Windows 95/98 tapi mungkin lebih banyak daripada Windows NT. Beberapa vendor perangkat keras menyediakan driver secara langsung untuk Linux, beberapa menyediakan spesifikasi hardware secara cuma- cuma, dan selebihnya tidak menyediakan driver maupun spesifikasi untuk produk mereka. Tentu saja, produk-produk dari vendor yang menyediakan driver atau mengikuti aturan standar dari driver yang sudah ada mendapat dukungan utama, diikuti dengan produk-pro duk yang tersedia spesifikasi teknisnya (biasanya sebentar saja setelah spesifikasinya dipublikasikan) dan diminati oleh khalayak pengguna Linux, dan (relatif sedikit) produk-produk yang tidak ada informasi teknisnya biasanya tidak disupport.
2.Symbian OS
Pada awal mulanya di tahun 1998, symbian merupakan sebuah perusahaan
patungan dari beberapa pemain di dunia ponsel yaitu Psion, Ericsson, Nokia, dan
Motorola. Kemudian pada tahun 1999, Matsushita(Panasonic) bergabung kedalamnya.
Pada tahun-tahun berikutnya banyak para pembuat ponsel yang mulai mengadopsi
teknologi symbian.Tahun 2000, Sony dan Sanyo melisensi Symbian OS, tahun 2001
fujitsu dan siemens membeli lisensi juga. Tahun 2002 Samsung membeli lisensi, ditahun
yang sama pula Siemens dan Sony Ericsson menjadi salah satu pemegang sahamnya.
Samsung menjadi salah satu pemegang saham ditahun 2003.Di tahun 2004, Psion dan
Motorola menjual sahamnya kepada nokia, sekarang Symbian dikuasai sebagian besar
sahamnya oleh Nokia yang merupakan pemimpin didalam penjualan ponsel-ponselnya
diseluruh dunia.
Ponsel pertama yang bersistem operasi Symbian OS adalah Ericsson R380
smartphone yang dikeluarkan tahun 2000. Dilanjutkan dengan dikeluarkannya dan
diumumkannya ponsel-ponsel dengan sistem operasi symbian, seperti Nokia 9210
communicator dan Nokia 7650 di tahun 2001. Dilanjutkan dengan diumumkannya ponsel
P800 buatan Sony ericsson yang mengadopsi symbian versi 7.0 ditahun 2002. Tahun
2003 mulai banyak ponsel-ponsel yang berbasiskan Symbian OS, diantaranya Nokia
3660, Nokia 3620, Nokia N-Gage, Nokia 6600, Nokia 7700, Sendo X, Siemens SX1,
Sony Ericsson P900, BenQ P30, Foma 2102v, dan Motorola A920.
Versi Sistem Operasi Symbian bermula dari dikeluarkannya ponsel Ericsson
R380 smartphone yang berbasis Symbian versi 5 yang merupakan versi unicode dari
EPOC versi 5 dari Psion. Versi pertama yang menerapkan platform terbuka adalah
Symbian OS versi 6.0 ditahun 2000 yang dipergunakan untuk ponsel Nokia 9210 dan
9290 Communicator. Kemudian dilanjutkan dengan versi 6.1 di awal tahun 2001 yang
dipergunakan untuk ponsel Series 60 Platform yaitu Nokia 7650 dan 3650 imaging
phones. Symbian OS versi 7.0 dikeluarkan pada tahun 2002 dan dipergunakan untuk
ponsel Sony Ericsson P800 dan P900.Symbian OS versi 7.0s dikeluarkan tahun 2003
untuk ponsel-ponsel Nokia.Berikut merupakan daftar ponsel-ponsel yang berbasiskan
sistem operasi Symbian.
Spesifikasi
Symbian OS adalah sistem operasi 32 bit, dengan konsep little endian dan
berjalan pada beberapa tipe arsitektur mikroprosessor ARM. Symbian proses bekerja
dengan prinsip preemptive multitasking. Dukungan terhadap device-device terintegrasi
dalam kernel sebagai kernel extension yang ditulis dalam DLL (dynamic linking library)
yang terpisah. Kernel berjalan dalam mode privileged dan memberikan servis ke aplikasi
yang berjalan dalam mode unprivileged lewat user library. Symbian OS juga
memberikan kumpulan-kumpulan library seperti networking (TCP/IP, PPP, FTP),
Communication (Bluetooth, IrDA).Untuk mengakses servis-servis tersebut dengan
menggunakan konsep hubungan client-server.Client menggunakan servis API yang
diberikan oleh server untuk berkomunikasi dengan server.Semua hubungan komunikasi
client-server diatur oleh kernel.
Symbian OS memiliki beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut:
Small, kaya feature.
Platform terbuka untuk aplikasi-aplikasi third-party.
Konektifitas yang baik dengan perangkat lain.
Platform yang berkembang.
High performance, 32 bit OS dengan preemptive multitasking.
Long battery life.
Dukungan dan komitmen dari pembuat ponsel dunia.
Aplikasi yang dapat dirancang sekali dan berjalan pada beberapa device.
Banyak developer-developer yang mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi ini, didasarkan karena beberapa pertimbangan, diantaranya sebagai berikut:
Symbian OS ditulis dalam C++, sistem operasi seluruhnya berbasis sistem object oriented sehingga flexible, efisien, reuseability, dan extendability.
API (Application Programming Interface) yang jelas, memudahkan membuat aplikasi-aplikasinya.
Mempunyai multitasking dan manajemen memori yang efisien.
Proses berdasarkan event driven daripada multithreaded, sehingga menghemat memori untuk context switching.
Symbian OS mempunyai beberapa design sesuai dengan device family-nya atau yang disebut sebagai DFRD(Device Family Reference Design). DFRD ini merupakan spesifikasi dalam hal user interface dan hardware configuration, sehingga banyak tipe-tipe ponsel berbeda yang memanfaatkan sistem operasi ini, Macam-macam DFRD yaitu:
Crystal, untuk yang kaya feature seperti tipe Communicator, dimana mempunyai full keyboard, tampilan besar lcd mendatar dan menampung banyak informasi untuk kepentingan bisnis.
Pearl, untuk smartphone dimana seperti ponsel standar dengan lcd kecil dan keyboard yang terbatas.
Quartz, untuk ponsel dengan kemampuan pen-based atau touch-screen yang tidak memerlukan keyboard.
Komponen
Symbian OS merupakan sebuah sistem operasi yang mengatur seluruh sumber daya yang ada didalam ponsel. Symbian OS disusun dari enam komponen, yaitu:
1.Kernel
2.Middleware
3. ApplicationEngine
4. UI Framework
5. Synchronization
6.JVM
Kernel
Merupakan inti dari sistem operasi yang terdiri dari device driver, data table, dan
program yang memungkinkan user berinteraksi dengan perangkat keras.Kernel
merupakan program yang berjalan setiap waktu dan mengatur layanan-layanan yang
diberikan ke user.
Middleware
Merupakan kumpulan library, data storage, dan program yang
mengimplementasikan sistem servis.Kesemuanya itu tidak perlu diletakkan dalam
kernel.Manajemen data, komunikasi dan graphics termasuk servis sistem tersebut.
Sebagai contoh window system yaitu yang mengatur bagaimana user berinteraksi dengan
perangkat keras, hal ini tidak cukup penting untuk diletakkan didalam kernel.
Application Engine
Aplikasi user level dapat memanfaatkan servis yang diberikan pada level
middleware yaitu dengan menggunakan application engine. Application engine yang
melakukan koordinasi untuk mengakses sumber daya yang tidak begitu penting.
Application engine diantaranya adalah sebagai berikut:
Agenda engine, Contact engine, Sheet engine, Alarm server and WorldTime engine, Spell
engine, dan Help engine.
User Interface Framework
User interface merupakan faktor utama untuk sebuah ponsel, yang menyebabkan
ponsel mudah digunakan, mudah dirubah dan diprogram. Symbian OS menerapkan
framework untuk user interface sehingga mudah diadaptasi. Dalam Symbian OS ada dua
user interface dalam frameworknya yang menggunakan komponen yang umum seperti
kontrol dan dialog yaitu Uikon dan Eikon.
Synchronization
Sinkronisasi dengan peralatan lain ataupun dengan komputer desktop menjadi
perhatian dalam teknologi ponsel. Symbian OS menerapkan 3 bagian untuk sinkronisasi
yaitu Connection manager yang melakukan inisialisasi koneksi antar device dan
mendeteksi jikalau ada device yang ingin melakukan koneksi. Connectivity server yang
mengimplementasi sesi sinkronisasi seperti file browsing, file sinkronisasi, back and
restoration. File Converter yang melakukan transfer data antar format yang berbeda.
JVM
Symbian OS mengimplementasikan teknologi java yang dikenal dengan J2ME.
JVM merupakan salah satu komponen dalam Symbian OS yang untuk perangkat ponsel dikenal dengan KVM (kilo virtual machine).JavaPhone dan PersonalJava yang merupakan bagian dari J2ME specification juga diimplementasikan dalam Symbian OS.
3.Windows
Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer berbasiskan GUI (Graphic User Interface) yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Sukses ini menjadikan pemiliknya, Bill Gates, menjadi orang terkaya di seluruh dunia mengalahkan kekayaan Sultan Brunei.Namun hanya sedikit orang yang mengetahui sejarah perkembangan Microsoft Windows itu sendiri, dan sedikit juga orang yang mengetahui sistem operasi komputer berbasiskan GUI selain merk Microsoft Windows.
Microsoft mulai mengembangkan Interface Manager yang kemudian dirubah namanya menjadi Microsoft Windows bulan September 1981. Walau dalam prorotipe awalnya, menggunakan menu seperti Multiplan (menu muncul dari bawah ke atas), namun tahun 1982 dirubah menjadi pull-down menu (menu menyusur dari atas ke bawah) seperti yang digunakan Xerox Star. 

                                                           YANG LEBIH LENGAKP
                                                               DWONLOAD NYA 
                                                                      SINI
 

PERKEMBANGAN KOMPUTER

Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih.Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang.Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

  Perkembangan komputer dari masa ke masa salalu mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
            Oleh karena itu, kata dasar komputer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain komputer berati alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasannya logika matematikanya yang sangat sepesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
          Beberapa tahun kemudian munculah John V. Atanasoff dengan komputer rancangannya Atanasoff-Berry Computer (ABC) pada tahun 1937 yang kemudian dianggap resmi menjadi komputer elektronik pertama. selang beberapa tahun kemudian munculah ENIAC ( Electronic Numerical Integrator and Computer) yang di perkenalkan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert. Sebuah mesin yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum(vacum tube), 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

     Evolusi komputer selepas tahun 1940 boleh dikelaskan kepada lima generasi.

1.            Generasi Pertama (1940 – 1959)
2.            Generasi Kedua (1959 -1964)
3.            Generasi Ketiga (1964 – awal 80-an)
4.            Generasi Keempat (awal 80-an – ?)
5.            Generasi Kelima (masa depan)
1.            Komputer Generasi Pertama 
          Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.
Ciri ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :
·                     Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube)
·                     Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
·                     Sifat-sifatnya:
·                                             Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas
·                                             Memerlukan banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
·                                             Prosesnya relatif lambat
·                                             Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
·                     Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL
·                     Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC
           Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Komputer semacam ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa untuk  mengolah data. Pada tahun 1950-an, beberapa komputer yang mempekerjakan ribuan tabung hampa masih diproduksi. Komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 misalnya, mengandung 4.000 tabung di dalamnya.

            2. Komputer Generasi Kedua


         Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-an dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sitem operasi.
Ciri ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :
·                     Komponen elektronikanya dari Transistor
·                     Program dibuat dengan Assembly Language, Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
·                     Menjadi titik awal penemuan Mini computer.
·                     Sifat-sifatnya:
·                                             Ukurannya relatif kecil
·                                             Tidak banyak mengeluarkan panas
·                                             Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
·                                             Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama)
·                                             Proses relatif lebih cepat
·                                             Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
·                                             Tidak membutuhkan tegangan listrik sebesar generasi sebelumnya
·                                             Memory masih cukup kecil tapi masih lebih besar dibandingkan dengan komputer sebelumnya.
·                                              
·                     Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR
·                     Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5
           Komputer generasi kedua muncul antara tahun 1958 sampai dengan tahun 1963. Munculnya komputer generasi pertama ini  ditandai dengan ditemukannya transistor, komponen elektronik berukuran kecil yang  cara bekerjanya memanfaatkan aliran muatan (elektron) di dalam zat padat kristalin. Transistor mempunyai sifat lebih ringan, lebih kuat dan tahan lama dibandingkan teknologi tabung.

           Walaupun komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak komponen komponen yang ada pada komputer. Pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industr piranti lunak atau softwere. 

        3. Komputer Generasi Ketiga


          Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada.Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ciri ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
·                     Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
·                     Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
·                     Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programmingdalam waktu yang bersamaan
·                     Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
·                     Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
·                     Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah
·                     Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan
·                     Sifat-sifatnya:
·                                             Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
·                                             Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
·                                             Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
·                                             Prosesnya sangat cepat
·                                             Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
·                                             Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration
·                     Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR
·                     Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
            Inilah komputer generasi ketiga yang diperkenalkan antara tahun 1963 sampai dengan tahun 1971.Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim. 

           4. Komputer Generasi Keempat


          Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebuh sederhana.

          Dampak dari ide cemerlang Kilby yang telah mengembangkan teknologi IC dapat dirasakan dengan hadirnyakomputer-komputer dalam bentuk yang lebih cerdas, bekerja lebih cepat dan handal, mempunyai kapasitas memori yang sangat besar serta keunggulan-keunggulan lainnya, meski bentuk maupun volumenya justru semakin kecil.
Ciri ciri komputer generasi keempat adalah sebagai berikut :
·                     Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip
·                     Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
·                     Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
·                     Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS)
·                     Sifat-sifatnya:
·                                             Ukurannya relatif lebih kecil
·                                             Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
·                                             Mengenal DataBase Management System (DBMS).
·                     Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, INTEL
·                     Contoh mesin; IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Aplle II, COMMODORE PC ,INTEL i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core.
        Komputer genarasi ini telah berkembang sangat pesat karena penggunannya yang sangat mudah (friendly user) dan serba guna apalagi di bidang industri dan teknologi informasi, peranan komputer sangatlah membantu. 

        5. Komputer Generasi Kelima


         Berkat kepopulerannya di kalangan rumah tangga maupun dunia bisnis, pada sekitar tahun 1982 Komputer Pribadi(Personal Computeryang oleh Majalah “Time” diberi gelar “Man of The Year”. Selanjutnya menjelang tahun 1990-an, kemampuan Komputer pribadi meningkat secara drastis hampir menyamai kemampuan komputer multiuser.Kini komputer tingkat tinggi (higher-end computer) lebih sering membedakannya dari komputer pribadi dari segi kestabilan serta kemampuan multitasking yang lebih baik, daripada hanya bergantung semata-mata pada kemampuan CPU.

         Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia.
Ciri ciri komputer generasi kelima adalh sebagai berikut :
·                     Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
·                     Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
·                     Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
·                     Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
·                     Sifat-sifatnya:
·                                             Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
·                                             Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
·                                             Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
·                                             Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
·                                             Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
·                                             Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.
            Dua tanda tanda akan munculnya inovasi komputer generasi kelima adalah  komputer paralel yang berarti memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien. Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang di dapat.Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.
Berikut ini beberapa kejadian penting yang memberi dampak besar bagi sejarah perkembangan komputer:
·                     1917 – John Napier membuat “Napier’s Bones,” yaitu berupa sekumpulan ranting kayu ivory yang digunakan untuk membantu dalam hal perhitungan.
·                     1942 – Blaise Pascal memperkenalkan the Pascaline digital adding machine.
·                     1822 – Charles Babbage mengkonsepkan sebuah mesin yang disebutnya Analytical Engine, sebuah mesin yang berfungsi untuk melakukan perhitungan-perhitungan umum.
·                     1906 – Lee De Forest mempatenkan vacuum tube triode, yang digunakan sebagai electronic switch pada sebuah komputer elektronik pertama.
·                     1936 – Alan Turing mempublikasikan “On Computable Numbers,” yang berisi konsep mengenai sebuah mesin penghitung fantasy yang disebutnya the Turing Machine, yang akhirnya dijadikan sebagai pondasi bagi mesin penghitung modern.
·                     1937 – John V. Atanasoff mulai mengerjakan the Atanasoff-Berry Computer (ABC), yang kemudian secara resmi dianggap sebagai komputer elektronik pertama.
·                     1943 – Thomas (Tommy) Flowers mengembangkan Colossus, sebuah komputer yang digunakan oleh Inggris sebagai pemecah kode untuk mesin Enigma cipher yang dibuat oleh pihak Jerman.
·                     1945 – John von Neumann menulis “First Draft of a Report on the EDVAC,” yang berisi konsep mengenai arsitekture dari media penyimpan modern untuk program komputer.
·                     1946 – ENIAC diperkenalkan, sebuah mesin penghitung elektronik yang dibuat oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert.
·                     1947 – Pada 23 December, William Shockley, Walter Brattain, dan John Bardeen, sukses melakukan percobaan point-contact transistor, yang akhirnya menjadi revolusi dalam dunia semiconductor.
·                     1949 – Maurice Wilkes berhasil menyatukan EDSAC, media penyimpan program komputer yang pertama, di Cambridge University.
·                     1950 – Engineering Research Associates yang berpusat di Minneapolis membuat ERA 1101, komputer pertama yang diproduksi untuk komersial.
·                     1952 – UNIVAC I dikirim ke U.S. Census Bureau, komputer komersial pertama yang digunakan untuk memancing perhatian publik.
·                     1953 – IBM memasarkan komputer elektronik yang pertama, yaitu 701.
·                     1954 – Sebuah silicon-based junction transistor, disempurnakan oleh Gordon Teal dari Texas Instruments, Inc., yang memberikan kontribusi besar dalam hal pengurangan biaya produksi.
·                     1954 – IBM 650 magnetic drum calculator memantapkan dirinya sebagai komputer pertama yang diproduksi secara masal.
·                     1955 – Bell Laboratories mempublikasikan TRADIC, komputer pertama yang full transistorized.
·                     1956 – MIT melakukan penelitian untuk membuat TX-0, komputer transistor pertama yang bisa di program.
·                     1956 – Dijadikan sebagai era dari magnetic disk storage dengan dipasarkannya 305 RAMAC oleh IBM ke Zellerbach Paper di San Francisco.
·                     1958 – Jack Kilby berhasil membuat integrated circuit pertama di Texas Instruments, ini untuk membuktikan bahwa resistor dan kapasitor bisa bersatu dalam materi semiconductor yang sama.
·                     1959 – IBM’s 7000 series mainframes adalah komputer transistor pertama yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan.
·                     1959 – Robert Noyce’s mengaplikasikan integrated circuit yang berhasil meyakinkan Fairchild Camera dan Instrument Corp., untuk mencetak conducting channels secara langsung para permukaan silicon.
·                     1960 – Bell Labs mendesign Dataphone, yaitu modem komersial pertama, yang dikhususkan untuk mengkonversi data digital menjadi sinyal analog untuk di transmisikan pada jaringan yang luas.
·                     1960 – DEC’s PDP-1, terjual seharga $120,000, dari Precursor ke Minicomputer.
·                     1961 – Berdasarkan data dari majalah Datamation, IBM has menguasai 81,2% pasar komputer, dimana pada tahun itu juga seri 1400 diperkenalkan.
·                     1964 – CDC’s 6600 supercomputer, yang di design oleh Seymour Cray, mampu melakukan lebih dari tiga juga instruksi perdetik—kemampuan ini tiga kali lebih cepat di banding pesaing terdekatnya, IBM Stretch.
·                     1964 – IBM memperkenalkan System/360.
·                     1964 – Transaksi online menjadi debut bagi IBM’s SABRE reservation system, yang dibuat untuk American Airlines
·                     1965 – Digital Equipment Corp. memperkenalkan PDP-8, mini komputer komesial pertama yang sukses.
·                     1966 – Hewlett-Packard mulai memasuki dunia bisnis komputer dengan diluncurkannya HP-2115.
·                     1969 – Awal kelahiran internet saat Departemen Pertahanan US membuat 4 buah server untuk ARPAnet: dua di kampus University of California (satu di Santa Barbara dan satunya lagi di Los Angeles) yang ketiga di SRI International dan yang ke empat di University of Utah.
·                     1971 – Sebuah tim di IBM’s San Jose Laboratories berhasil membuat 8” floppy disk.
·                     1971 – Iklan pertama untuk sebuah microprocessor, Intel 4004, muncul di Electronic News.
·                     1971 – Kenbak-1, salah satu PC pertama di iklankan dan dijual dengan harga $750 di Scientific American.
·                     1972 – Hewlett-Packard mengumumkan HP-35 sebagai “a fast, extremely accurate electronic slide rule” dengan sebuah solid-state memory yang sama dari sebuah komputer.
·                     1972 – Intel’s 8008 microprocessor membuat debutnya.
·                     1972 – Steve Wozniak membuat “blue box,” sebuah tone generator untuk melakukan panggilan telephone secara gratis.
·                     1973 – Robert Metcalfe mengembangkan metode Ethernet dari network connection di Xerox Palo Alto Research Center.
·                     1973 – Micral, non-kit personal computer komersial pertama yang berbasis pada sebuah microprocessor, Intel 8008.
·                     1973 – TV Typewriter, yang di design oleh Don Lancaster, diperkenalkan.
·                     1974 – Para peneliti dari Xerox Palo Alto Research Center mendesign Alto, workstation pertama yang dilengkapi dengan sebuah built-in mouse sebagai input.
·                     1974 – Scelbi mengiklankan 8H computer-nya, komputer berbasis microprocessor (Intel’s 8008) pertama di US.
·                     1975 – Telenet, packet-switching network komesial dan civilian equivalent dari ARPAnet, lahir.
·                     1975 – Majalah Popular Electronics edisi Januari, memperkenalkan Altair 8800, yang berbasis pada microprocessor Intel’s 8080.
·                     1975 – Prototype dari Visual Display Module (VDM), di design oleh Lee Felsenstein, ditandai sebagai implementasi dari sebuah memory-mapped alphanumeric video display pertama untuk personal computers.
·                     1976 – Steve Wozniak mendesign Apple I, komputer dengan single-board.
·                     1976 – 5 1/4” flexible disk drive dan disk diperkenalkan oleh Shugart Associates.
·                     1976 – Cray I mencatatkan namanya sebagai Vector Processor komersial pertama yang sukses.
·                     1977 – Tandy Radio Shack memperkenalkan TRS-80.
·                     1977 – Apple Computer memperkenalkan Apple II.
·                     1977 – Commodore memperkenalkan PET (Personal Electronic Transactor).
·                     1978 – VAX 11/780 dari Digital Equipment Corp. memperkenalkan fitur virtual memory yang mampu mencapai 4.3GB, menyediakan ratusan kali kapasitas bagi banyak minicomputer.
·                     1979 – Motorola memperkenalkan microprocessor 68000.
·                     1980 – John Shoch, dari Xerox Palo Alto Research Center, mengembangkan “worm,” sebuah program kecil yang mencari network untuk idle processors.
·                     1980 – Seagate Technology hard disk drive pertama untuk microcomputers, ST-506.
·                     1980 – Optical data storage disk yang mempunyai kapasitas 60 kali dari sebuah 5 1/4” floppy disk, dibuat.
·                     1981 – Xerox memperkenalkan Star, personal computer pertama yang memiliki Graphical User Interface (GUI).
·                     1981 – Adam Osborne menyelesaikan Komputer portable yang pertama, Osborne I, yang mempunyai berat 24 lbs. dengan biaya $1,795.
·                     1981 – IBM memperkenalkan PC-nya, dan menjadi kakek moyangnya PC modern.
·                     1981 – Sony memperkenalkan 3 1/2” floppy disk dan drives pertama.
·                     1981 – Philips dan Sony memperkenalkan CD-DA (Compact Disc Digital Audio) drive. Sony adalah CD player pertama yang ada di pasaran.
·                     1983 – Apple memperkenalkan Lisa, yang bekerja dengan GUI, yang mana mirip dengan yang pertama kali diperkenalkan oleh Xerox Star.
·                     1983 – Compaq Computer Corp. memperkenalkan PC clone pertama yang menggunakan software yang sama dengan yang digunakan oleh IBM PC.
·                     1984 – Apple Computer meluncurkan Macintosh, komputer pertama yang dikendalikan oleh mouse dengan sebuah GUI.
·                     1984 – IBM merelease PC-AT (PC Advanced Technology), yang tiga kali lebih cepat dari PC originalnya, dan berbasis pada Intel 286 chip. The AT juga memperkenalkan 16-bit ISA bus dan menjadi basis bagi semua PC modern.
·                     1985 – Philips memperkenalkan CD-ROM drive pertama.
·                     1986 – Compaq mempublikasikan Deskpro 386, komputer pertama di pasaran yang menggunakan Intel’s new 386 chip.
·                     1987 – IBM memperkenalkan mesin PS/2, yang membuat 3 1/2” floppy disk drive dan VGA video standard untuk PC. PS/2 memperkenalkan MicroChannel Architecture (MCA) bus, plug-and-play bus pertama untuk PC.
·                     1988 – Steve Jobs cofounder dari Apple, meninggalkan Apple untuk mendirikan perusahaanya sendiri, NeXT.
·                     1988 – Compaq dan PC-clone lainnya menandai pengembangan Enhanced Industry Standard Architecture (EISA).
·                     1988 – Worm dari Robert Morris’s memenuhi ARPAnet. Yang menimbulkan masalah bagi 6,000 dari 60,000 hosts yang terhubung ke network.
·                     1989 – Intel merelease 486 (P4) microprocessor, yang berisi lebih dari satu juta transistors. Intel juga memperkenalkan chipsets untuk motherboard 486.
·                     1990 – World Wide Web (WWW) lahir saat Tim Berners-Lee, seorang peneliti dari CERN—the high-energy physics laboratory di Geneva—mengembangkan Hypertext Markup Language (HTML).
·                     1993 – Intel merelease Pentium (P5) processor. Intel juga merelease chipsets untuk motherboardnya.
·                     1995 – Intel merelease Pentium Pro processor, P6 processor family yang pertama.
·                     1995 – Microsoft merelease Windows 95, sistem operasi 32-bit yang pertama.
·                     1997 – Intel merelease Pentium II processor, yang secara essensial adalah Pentium Pro dengan tambahan MMX instructions.
·                     1997 – AMD memperkenalkan K6, yang kompatible dengan Intel P5 (Pentium).
·                     1998 – Microsoft merelease Windows 98.
·                     1998 – Intel merelease Celeron, versi hemat dari Pentium II processor.
·                     1999 – Intel merelease Pentium III, yang secara essensial adalah Pentium II dengan tambahan SSE (Streaming SIMD Extensions).
·                     1999 – AMD mempekenalkan Athlon.
·                     2000 – Microsoft meluncurkan Windows Me (Millennium Edition) dan Windows 2000.
·                     2000 – Intel and AMD memperkenalkan processors yang berkecepatan 1GHz
·                     2000 – AMD memperkenalkan Duron, Athlon versi hemat dengan pengurangan pada L2 cache.
·                     2000 – Intel memperkenalkan Pentium 4, processor terakhir Intel dengan Architecture 32-bit (IA-32) family.
·                     2001 – Intel mengeluarkan Itanium processor, processor 64-bit (IA-64) untuk PC.
·                     2001 – Industri komputer merayakan ulang tahun ke 20 untuk original IBM PC.
·                     2001- Intel memperkenalkan processor 2GHz pertama, sebuah versi lain dari Pentium 4.
·                     2001 – Microsoft merelease Windows XP edisi Home dan Professional, yang merupakan sistem operasi gabungan dari sistem operasi untuk konsumen rumahan (9x/Me), dan konsumen bisnis (NT/2000).
·                     2002 – Intel merelease processor 3GHz-class, sebuah versi 3.06GHz dari Pentium 4. Processor ini juga memperkenalkan Intel’s Hyper-Threading (HT) technology (yang membuat sebuah processor mampu mengerjakan dua threads aplikasi secara bersamaan) untuk komputer desktop.
·                     2003 – AMD merelease Athlon 64, processor 64-bit pertama, yang ditargetkan untuk konsumen mainstream dan pasar bisnis.

 Sejarah Perkembangan Processor Komputer

       Di dalam sistem komputer, prosesor merupa-kan otak dan pusat pengendali. Pada saat ini ukuran prosesor telah mencapai tingkatan gigahertz. Ukuran tersebut menunjukkan hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Semakin besar ukuran prosesor, semakin cepat  proses pengolahan dan pengaksesan data atau informasi. Beberapa merk prosesor yang banyak ditemui di pasaran adalah: AMD American Micro Device), APPLE, Cirex ё VIA, IBM, IDT, dan Intel.



Tabel 2.1   Perkembangan berbagai merk prosesor
Prosesor Intel
Prosesor AMD(American Micro Device)
Prosesor VIA
Prosesor Intel
Prosesor AMD
Prosesor VIA
1. Generasi 8086 dan 8088
7. Pentium MMX, yang bisa digunakan untuk mutlimedia lebih cepat
1. Generasi 5×86 atau AMD 5k (untuk menyaingi Pentium I)
1. Generasi Cyrix Media GX dengan kecepatan 120-
2. Generasi 80286 dengan kecepatan 6 dan 12 Mhz
8. Pentium II dengan kecepatan 300,333,350,366,400, dan 450 Mhz
2. Generasi Prosesor K6 3D NOW (untuk menyaingi Pentium II)
2. Prosesor Cyrix 6×86 dengan kecepatan 110-150 Mhz
3. Generasi 80386 dengan kecepatan 25,33,40 dan 50 Mhz
9. Pentium Celeron I,  dengan kecepatan 266,300,333,300A, dan 333.
3. Generasi Prosesor K7 atau Athlon (untuk menyaingi Pentium III)
3. Prosesor Cyrix M2 dengan kecepatan 180-233 Mhz
4. Generasi 80486 dengan kecepatan 25,33,50, 66, 99, dan 100 Mhz
10. Pentium III, dengan kecepatan 500,533,550,600,667, 700, 733,00, 850,933, 1000,1330A,1260A, dan 1400A Mhz.
4. Generasi Prosesor DURON (untuk menyaingi Pentium Celeron)
4. Prosesor Cyrix C3 dengan kecepatan 500-733 Mhz
5. Generasi 80586 dengan kecepatan 60,75,90,100,120,dqn 133 Mhz
11. Pentium Celeron II dengan kecepatan 600-1300 Mhz
5. Generasi Prosesor Athlon-XP Extreme Performance (untuk menyaingi Pentium IV
5. Generasi Prosesor Via dengan kecepatan 1 Ghz
6. Pentium I dengan kecepatan 75,90,100,120,133,150 166, 180,200, dan 233 Mhz.
12. Pentium IV denan kecepatan 1400-2800 Mhz, serta Pentium IV 3 Gb; 3,06Gb; 3,1Gb; dan 3,2Gb.


                                                       YANG LEBIH LENGKAP
                                                           DWONLOAD NYA
                                                                       SINI