Kamis, 31 Mei 2012

 

Cara MerawatKomputerdan Tips PerawatanKomputeratau PC

Cara MerawatKomputerdan Tips PerawatanKomputeratau PC


Cara MerawatKomputeratau Tips PerawatanKomputer, khususnya CPUbiasanyahanyaakandilakukansetelahterjadikeluhanataukerusakan. Kayaknyahalinikurangtepat.Dalampemakaiannyaseharusnyadilakukanperawatankomputersecaraberkalabaikpada CPU maupun monitor. Sebenarnyaadabeberapahalmendasar yang seringkitalupakankaitannyadengancaramerawatkomputeratau tips perawatankomputeratau PC, yang dapatmenyebabkanterjadinyakerusakanpadakomputer.
Pertama dilihat dari sudut Hardware :
  1. Konsentrasi debu yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun Monitor. Khususnya pada komputer (PC) yang ditempatkan di ruang terbuka. Konsentrasi debu tinggi akan menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu. Selain itu pada saat musim penghujan atau suhu lembab debu akan menyerap uap air dan bersifat seperti konduktor yang dapat menghubung singkat (konsleting). Selain itu juga mengakibatkan lapisan isolator pada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi, maka perawatan komputer akan lebih sulit karena tidak ada cara lagi selain mengganti peripheral.
  2. Pendinginan. Pada beberapa jenis komputer khususnya komputer jadul memiliki suhu prosessor yang cukup tinggi namun memiliki cara pendinginan yang saya rasa masih kurang
  3. Space Harddisk yang tidakproporsional. Harddiskukuran 80GB tentunyatidakproporsionalkalauhanyaada 2 partisimasing-masing 40GB C dan D. Padahalpemakaian System C tidaklebihdari 10 GB.
  4. Pemasangan peripheral yang kurang pas ataukurangkokoh. Biasanya ini sering terjadi pada PC rakitan lokal. Seringcarapemasangan Motherboard atau peripheral lainnyadengansekrup yang tidaklengkapataukurangkencang. Ini yang seringterlewatkandalamcaramerawatatau tips perawatankomputer. Hal inibisaberakibat fatal
  5. Cara pemasangansoket yang kurangnancap, maksudnyakurangmantapataukurangmaksleeppp… inijugabisaberakibat fatal.
  6. Kondisi Power Suply. Iniseringlolosperhatiansaatkitamerawatkomputer. Padapemakaian yang sudah lama, kebanyakan power suplyakanmengalamiretak-retakpadasolderankomponennya.
  7. KapasitasDaya Power Supply yang kurangmemadai
  8. TidakMenggunakanStavolt. Banyak orang yang meremehkanpenggunaanstavoltmaupunpemilihanjenisdankualitasstavolt
  9. Suhuruangan. Suhuruangan ideal untuk PC sekitar 19 derajatCelcius
  10. Listrik yang sering drop/matiataukurangdaya. Hal iniakanmenyebabkankomputermatisecaramendadaktanpa proses Shutdown
  11. Kondisi fisik solderan, ini khusus pada Monitor. Kebanyakan kerusakan monitor disebabkan oleh solderan yang retak atau lepas akibat usia dan panas yang ditimbulkan selama pemakaian. Ini juga yang hampir pasti terlewatkan dalam cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC
KeduadilihatdarisudutSoftware :
  1. Tidaksesuainya OS, Aplikasidan volume data denganspesifikasiKomputer yang digunakan.
  2. Seringmenggunakankomputeruntuk game-game kelasberat… wah2… kayak tinjusaja. Menjalankan game pada PC akanbanyakmenghasilkan space-space Fragment dan file-file temporary yang memperlambatkinerjakomputer
  3. Virus. Adanya virus dapatmenyebabkanlambatnyaaksespadakomputerdanrusaknya system atau data. Bahkandalamkondisiekstrimdapatmenyebabkankomputermacet/hang. Kalausudahmacettidakadacara lain selainmenekantombol Restart pada CPU. Apabilainiseringterjadiotomatis CPU seringmatitanpa proses ShutDown yang berartiakanmemperpendekumurkomputerkhususnyaHarddisk. Biasanya virus ditularkanmelaluiFlashdiskdan Internet bagi PC yang seringterkoneksi Internet. Selainitu tips pemilihananti virus yang kurangtepatjugadapatmempengaruhikinerjakomputer.
Denganmengetahuihal-hal di atasmakauntukmengantisipasinyaperludilakukancaramerawatkomputeratau tips perawatankomputeratau PC secara total sebagaiberikut :
  1. Bersihkandebu yang menempelpada motherboard dan peripheral lain di bagiandalam CPU dengankuas cat ukuransedangdankeciluntuksudutdancelah-celah yang sempit. Lakukanjugapada Power Suplydengancaramembuka casing/box power suplyterlebihdahuludanperhatikansolderan-solderannyaapakahperludilakukanpenyolderanulang.
  2. Gunakanudarabertekanantinggi (kompressor) supaya peripheral benar-benarbersihdaridebu. Ataucukupdengan Hair Dryer (pengeringrambut). Tapiingataturpadasuhurendahsupaya peripheral tidakmeleleh.
  3. Lepasdanpasangkembalisoket-soket peripheral. Hal iniuntukmenjaminkoneksi yang sempurnapadakonektor-konektor peripheral… cukupsekalisajasetiapperawatan PC.
  4. Ingat, Janganmenggunakancairan Contact Cleaner dalammembersihansoket-soketkonektor peripheral karenacaratersebutsalahbesar. Cairan Contact Cleaner sulitsekali (sangat lama) keringdanjustrumembuatdebumudahmenempel.
  5. Perhatikancarapemasangan Motherboard dan peripheral lainnyaapakahadaskrup yang masihkurangataukendor. Lengkapidankencangkanskrup-skruptersebut
  6. Sesuaikan OS danAplikasidenganspesifikasikomputerdanjanganmenyimpan data terlalubesarpadaHarddisk. iniakanmemperberatkinerja PC
  7. BuatlahpartisiHarddisk yang proporsional. MisalHarddisk 80GB dengan Space Used C tidaklebihdari 5GB akanlebihbaikkalaukitabuat 3 partisidengan 10GB untuk C, 35GB untuk D dan 35GB untuk E. Dengandemikinaksesuntuk System dan loading data akanlebihcepat.
  8. Jangangunakan PC untuk game-game beratkecualikalaumemangkomputerAndadirancanguntuk Game. Kalaumemangmaniak Game, gunakansajaPlaystation.
  9. Gunakan Antivirus yang sesuaidanselalu Update, kalauperlutiaphari Update… saya paling sukapakai Avira profesional 9.0 yang gratis…. yang penting Update paling tidaktiap 5 hari… Denganadanya antivirus yang selalu update akanmeringankancaramerawatkomputeratau tips perawatankomputeratau PC kita.
  10. Gunakanstavolt yang berkualitas. Banyaksekalistavoltmurahdanmurahan yang hanyabisamengantisipasiperubahantegangan PLN yang sempit. Biasanya stavolt seperti ini meski secara fisik ukurannya standar tapi sangat ringan dan tidak meyakinkan. Saya cenderung memilih stavolt dengan Servo Motor karena memiliki stabilisasi yang bagus. Namun ada juga Stavolt sistem Relay yang bagus tapi sekarang kayaknya sangat sulit diperoleh.
  11. Gunakan Pendingin Ruangan untuk PC… atau kalau tidak memungkinkan bisa dikompensasi dengan cara pemasangan Sirip Pendingin dan Coolling Fan Ekstra apabila suhu processor dirasa terlalu tinggi diatas 36 derajat Celcius. Khususnyainiterjadipadakomputer-komputerjadul.
  12. Padawaktu-waktutertentulakukanlah Defragment Harddiskuntukmenataulangurutan file-file agar kinerjakomputerlebihringan. Tetapijanganterlalusering..!!
  13. Lakukan Instalasi ulang OS dan Aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang  secara menyeluruh sekali dalam 1 thn rasanya tidak berlebihan untuk penyegaran seluruh system… apalagi kalau kita menginginkan upgrade system. (misaldari XP-SP1 ke XP-SP2 atau XP-SP3)
  14. Lakukanpenghapusanatau Remove data atauAplikasi yang sekiranyatidakefektif  (tidakpernahdigunakan)…
  15. Sering-seringlahmembersihkan Temporary file, Prefetch file, file-file Chokies dan file-file sampah di Recycle Bin.
  16. Selalulakukan Backup pada data-data yang dirasapenting… Andabisamengcopynyapada CD… haliniuntukmengantisipasijikasewaktu-waktuterkenaserangan virus atauterjadikerusakan fatal padaHarddisk
  17. UsahakanlistrikAndatidak drop/matiselamakomputerbekerja. KalauperlunaikkandayalistrikrumahAndaataulebihbaiklagikalauAndalengkapidengan UPS sehinggaapabilalistrikmatimendadakmasihadawaktuuntukmenyimpan data dan Shutdown komputer
  18. Janganterlalu lama membiarkankomputerAndatidakterpakai (tidakpernahdihidupkansamasekalidalamwaktu lama). Paling tidak minimal setiapharikomputerdihidupkansekitar 1 s/d 2 jam. Hal iniuntukmenghangatkanbagiandalam CPU supayabebasdarikelembabanudara.
  19. HindarkankomputerAndadarigoncangan, getarandanhentakanapalagisaatkomputermenyala, halinisangatberbahayakarenadapatmenyebabkankerusakan fatal padaHarddisk
  20. Jangansegan-seganmemanggilteknisikomputeruntukmelakukanperawatanpadakomputerAnda, apabilaAndamerasatidakmampumelakukannya.
Langkah-langkah Cara MerawatKomputeratau Tips PerawatanKomputer  atau PC di atasdapatdilakukansecaraberkalasesuaikondisikomputerdanlingkungannya. Biasanyakomputer yang segeramemerlukanperawatanmemilikigejala-gejalasepertiakses yang mulaimelambat, seringmacet/hang, seringscaning Drive C setiapsaatkomputerdihidupkan, blue screen memory, bobolnya Antivirus, Aplikasi yang sering error atautidakberjalansesuaifungsinya, danhal-hal lain yang mengakibatkanpenggunamulaimerasatidaknyamandengankinerjakomputernya.
1. Langkah-langkahmembersihkan File Prefetch :
Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Prefetch – Select All (Ctrl-A) – Dell
2. Langkah-langkahmembersihkan File Temporary :
Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Temp – Select All (Ctrl-A) – Dell
Setelahkedualangkah di atasjanganlupabersihkan file2 sampah di Recycle Bin dengancaraKlikkanan Recycle Bin – Klik Empty Recycle Bin – Klik Yes
3. Sedangkanuntukmembersihkan file-file Chokies Andadapatmenggunakan SoftwareCCleaner
4. Untuk Management PartisiHarddiskAndadapatgunakanPartition Magic 8.0 Free Download.
File2 Chokies akanmunculsetiapkitakoneksike internet. Semakinkitaseringkoneksike internet… baikitu browsing, download atau upload makasemakinbanyak file2 Chokiesnya. KalauAndasetiapharikoneksike internet, bersihkan file2 Chokies paling tidaksekaliataudua kali seminggu.
Tips perawatankomputer di ataskelihatannyasangatribetdanmerepotkannamunapabilakitakerjakanakanberpengaruhbesarpadakinerjadanusiapemakaiankomputerAnda.
Dengancaramerawatkomputersecara total danberkaladiharapkankinerjakomputerkitaakanselaluprima dantahan lama…. wah2… kok kayak iklanobatkuatsaja… he hehe…
Biarpun PC nyaJadul yang pentingkinerjanyaMakNyosss… eh salah..MakNyusss


                                             
                                                   BAGI YANG MW DWONLOAD TEXT NYA
                                                                                 
                                                                                       SINI
Share:

0 komentar:

Posting Komentar